SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



Kementerian Pertanian Visualisasikan Komitment Mdgs Melalui Kepesertaan Pameran Mdgs Expo 2012

Jumat, 04 Maret 2011 - 16:24:43 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Kampus Flash


Dalam rangka sosialisisasi, kampanye publik, dan/atau edukasi untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat lebih luas terhadap program Indonesia MDG-s Award 2011, serta  prestasi yang dicapai, Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDG-s (Millenium Development Goal-s) sebagai bagian dari upaya percepatan pencapaian MDG-s di Indonesia menyelenggarakan Pameran MDG-s Indonesia.

 

Millenium Development Goal’s (MDG-s) adalah hasil kesepakatan kepala negara dan perwakilan dari 189 negara anggota PBB yang dibuat sesuai pada perubahan abad ke 20 dan menjelang abad ke – 21. Indonesia termasuk salah satu negara yang ikut menandatangani deklarasi komitment tersebut. MDG-s merangkum 8 (delapan) butir tujuan pembangunan yang terukur untuk dijadikan referensi penting dan kerangka praktis untuk mencapai target yang ditetapkan di tahun 2015. Ke delapan butir tersebut yaitu : 1) Pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim; 2) Pemerataan pendidikan dasar; 3) Mendukung adanya persamaan gender dan pemberdayaan perempuan; 4) Mengurangi tingkat kematian anak; 5) Meningkatkan kesehatan ibu; 6) Perlawanan terhadap HIV/AIDS dan penyakit lainnya; 7) Menjamin daya dukung lingkungan hidup; dan 8) Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

 

Penyelenggaraan Pameran MDG-s Indonesia 2012,  yang diselenggarakan mulai Selasa, 31 Januari s/d 1 Februari 2012, bertempat di Kartika Expo Center – Balai Kartini, Jakarta, merupakan side event yang dilaksanakan dalam rangka Indonesia MDG-s Awards 2011 yang diberikan kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta, organisasi masyarakat madani dan pemuda, serta media massa/jurnalis. Pameran ini merupakan Implementasi dari karya-karya pencapaian inovatif, hasil-hasil kemajuan ilmu pengetuan dan teknologi yang berperan dalam mendukung upaya-upaya percepatan pencapaian MDG-s.

Indonesia MDG’s Awards 2011, secara khusus dibuka oleh Utusan Khusus Presiden RI untuk Millenium Development Goals (MDG-s), Prof. Dr. Nila F. Moeloek, bersama Menteri Perencanaan Pembangunan / Ketua Bappenas, Prof. Dr. Armida Salsiah Alisyahbana MA, serta didampingi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari, Wakil Menteri Perindustrian, Prof. Dr. Alex S.W Retraubun, M.Sc, serta Wakil Menteri Pertanian, Dr. Rusman Heriawan.

Utusan Khusus Presiden RI untuk  Millenium Development Goals (MDG-s), Prof. Dr. Nila F. Moeloek, mengatakan : Indonesia Millenium Development Goal’s Award (IMA) 2011 telah memasuki tahap final yang diselenggarakan pada tanggal 31 Januari s/d 1 Februari 2012 di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta terdiri dari sejumlah kegiatan, yaitu : Pameran MDG-s Nasional yang menampilkan praktek-praktek cerdas pembangunan dari seluruh Indonesia, seminar inspiratif yang terbagi dalam kelas-kelas paralel untuk mengkaji isu-isu seputar pendidikan, gizi dan kesehatan, serta tentunya malam penganugerahan IMA 2011.

 

 

Keikut sertaan Kementerian Pertanian di Pameran MDG’s Indonesia 2012, selain untuk memvisualisasikan prestasi dan kinerja Kementerian Pertanian dalam mendukung upaya-upaya percepatan pencapaian MDG-s, juga sebagai media sosialisasi, kampanye publik dan edukasi. Dengan keikutsertaan Kementerian Pertanian pada pameran ini diharapkan masyarakat dapat menggali lebih banyak program-program pembangunan pertanian yang terkait dengan percepatan pencapaian MDG-s 2015. 
Sumber Berita: Biro Hukum dan Informasi Publik – Sekretariat Jenderal

 




BERITA TERKAIT :