SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



Pelatihan Desapreneur Enterpreneur Muda dari Sumber daya Desa

Sabtu, 30 April 2016 - 22:57:00 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Kampus Flash


Sebanyak 25 mahasiswa Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta dari tiga fakultas yaitu pertanian, kehutanan dan teknologi pertanian mengikuti pelatihan Desapreneur.

Pelatihan  diselenggarakan oleh Dra. Nike Triwahyuningsih, MP.  Selasa (24/4) di kampus INTAN. Dengan tema “Enterpreneur Muda dari Sumber daya Desa”. Dalam pelatihan ini hadir pula Yusuf Anggoro, Untoro Hadi Suharto 2 diantara beberapa tokoh partner  Nike Triwahyuningsih dalam melahirkan jajanan klasik yang kini peroduknya dipasarkan melalui usahadesa.com.

Ary Adji HS didampingi Dwi Qomarudin adalah narasumber dari PT. Usaha Desa. PT. Usaha desa adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat desa melalui usaha kecil menengah (UKM), yang bertujuan untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan perekonomian masyarakat desa dengan cara memasarkan produk desa secara Online. Produk yang dapat dijual melalui usahadesa.com seperti produk perkebunan, pertanian, perikanan dan kelautan, perternakan, energi dan kelistrikan, kontruksi dan bangunan, teknologi tepat guna, kerajinan dan funiture, makanan minuman dan kuliner, rumah tangga, pakaian dan asesoris dan produk alat wanita. Namun dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan usahadesa.com.

Dalam penyampaianya Adji mengatakan bahwa kita harus mencintai produk dalam negeri, melalui pelatihan ini diharapkan para kaum muda dapat menjadi agen perubahan kesejahteraan masyarakat di desa. Pelatihan ini diadakan sebagai bentuk sosialisasi dari usahadesa.com kepada mahasiswa.

Nike Sebagai sosok yang menyelenggarakan acara pelatihan Desapreneur mengatakan bahwa, mahasiswa diharapkan mampu menjadi broker dari produk-produk desa yang belum terpublikasi, dengan adanya peran aktif mahasiswa dalam mempublikasiakan produk-produk desa sehingga produk desa dapat dikenal masyarakat luas dan mampu menjadi produk yang menguasai pasar dalam negeri.

                                                                                                                                Penulis: Sufia Kustimah




BERITA TERKAIT :