SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



FIELD TRIP: Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (UPTD BPSBP

Kamis, 02 Juni 2016 - 09:55:47 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Kampus Flash


Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (UPTD BPSBP) DIY mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pertanian di bidang perbenihan tanaman pangan dan hortikultura yaitu sebagai balai yang mensertifikasi dan pengontrol benih di pasaran. Untuk menunjang pengetahuan siswa dalam mata kuliah Teknologi Benih, mahasiswa Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta melakukan kunjungan lapang ke UPTD BPSBP pada hari Selasa (31/5).

Dalam kunjungan ini, mahasiswa diajak untuk melakukan diskusi dan melihat secara langsung proses analisa benih bersama Ir. Edy santosa Asrori selaku pengawas benih dan Nurhidayah, SP selaku analis laboratorium di UPTD BPSBP. Banyak hal yang diulas dalam diskusi diantaranya adalah proses pemeriksaan, pengujian, kelas benih, sertifikasi benih dan pengawasan labelling benih.

“Benih membantu petani agar mampu mengelola usaha tani secara lestari dengan kwalitas benih yang terjamin. Agar sesuai pengeluarannya, benih harus memenuhi 6 tepat: tepat mutu, tepat varietas, tepat jumlah, tepat waktu, tepat lokasi, dan tepat harga” ujar Pak Edy dalam penjelasannya tentang proses sertifikasi benih.

Dari sekian proses sertifikasi yang ada, analisa benih merupakan proses yang banyak dinanti mahasiswa. Selain menarik, proses analisa ini juga bisa menjadi perbandingan antara materi kuliah dan prakteknya di lapangan kerja. Banyak pengetahun baru tentang teknik mengecambahkan benih dengan media kertas.

Dari kunjungan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami sertifikasi perbenihan secara luas, dan dapat memberikan inspirasi untuk menjadi seorang pengusaha pertanian yang bergerak di bidang pembenihan. (Anggun Kaniyati,PN,2014)




BERITA TERKAIT :