SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



FIELD TRIP: KEBUN PLASMA NUTFAH PISANG

Kamis, 02 Juni 2016 - 11:49:33 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Kampus Flash


Untuk menunjang pengetahuan lapangan, Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta mengadakan kunjungan ke Kebun Plasma Nutfah Pisang (KPNP) Yogyakarta yang terletak di Jl. Lingkar Selatan, Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Pada hari Selasa (31/5), sebanyak 50 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pemuliaan Tanaman mengikuti field trip ini.

“KPNP Yogyakarta saat ini telah mampu mengoleksi 346 kultivar pisang dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Dan merupakan KPNP terlengkap dan terbesar se-Asia Tenggara”, jelas Kepala KPNP dalam sambutannya.

Keberadaan KPNP  ini merupakan aset pengetahuan bagi mahasiswa. Selain mendapat kunjungan dari perguruan tinggi, KPNP juga menjadi tempat menarik bagi para peneliti baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam kunjungan ini, mahasiswa diajak untuk berkeliling melihat pembuatan kultur jaringan pisang, menilik kebun pisang dan laboratorium teknologi pasca panen yang baru dikembangkan sejak tahun 2006.

Pengembangan KPNP di Yogyakarta diarahkan untuk mengoptimalkan kegiatan konservasi dan produksi dengan upaya meningkatkan hubungan antara kebun koleksi dengan kegiatan di laboratorium kultur jaringan. Selanjutnya pengembangan kegiatan yang berbasis on farm tersebut, akan dipadukan secara sinergis dengan pengembangan teknologi pengolahan pasca panen pisang yang dikemas dalam bingkai kegiatan promosi dan informasi agar lebih berguna.

“Koleksi pisang di KPNP cukup lengkap. Karena kebun ini pemanfaatannya untuk konservasi bukan untuk budidaya, sambil berkeliling kita juga mendapat pengetahuan tentang proses pemeliharaannya agar kultivar pisang tetap hidup sehat di satu tempat yang sama”, ujar salah satu mahasiswa. (Anggun Kaniyati, PN, 2014)




BERITA TERKAIT :