SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



PROGRAM UPSUS PAJALE MENARIK PERHATIAN MAHASISWA INTAN

Sabtu, 11 Juni 2016 - 08:38:42 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Kampus Flash


Sebanyak 50 mahasiswa mengikuti Kuliah Umum Pertanian, yang juga merupakan mata kuliah wajib pada semester 6. Bertempat di Ruang 101 Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta, Jum’at (27/5). Kuliah Umum kali ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian DIY yaitu Ir. Sarworini Setyobudi Astuti, M. Si. Yang akan mengulas tentang program kemandirian pangan tahun 2017 yaitu “Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedelai (PAJALE) di Daerah Istimewa Yogyakarta”.
Dalam pemaparannya, Rini menyampaikan bahwa Upsus Pajale adalah program kedaultan pangan yang sudah dirintis sejak tahun 2015. Dengan gelontoran dana APBN yang terhitung banyak tersebut, pemerintah berharap petani bisa memperluas lahannya sehingga bisa meningkatkan produksi panen. Bantuan tersebut kemudian akan disampaikan kepada petani dalam bentuk berupa bantuan pupuk, benih, alat dan mesin pertanian.
Tema ini menarik banyak perhatian mahasiswa yang hadir, tidak sedikit dari mahasiswa yang mengajukan beberapa pertanyaan mengenai program yang diusung oleh pemerintahan Jokowi ini. Karena padi, jagung, dan kedelai juga merupakan komoditas yang banyak dibudidayakan oleh petani dan juga merupakan komoditas yang banyak diminati mahasiswa untuk dijadikan penelitian.
Kuliah umum ini juga dihadiri oleh Dekan Fakutas Pertanian INTAN, Ir. Setyo Indroprahasto, M. Si. dan beberapa dosen Fakultas Pertanian. “Melihat masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Penyuluh, babinsa, mahasiswa dan dosen digerakan untuk menyukseskan program ini sebagai fasilitator, advisor, dan fungsi-fungsi lainnya agar Indonesia bisa menjadi negara yang berdaulat dari segi pangannya. Kuliah umum ini, diharapkan menjadi ladang pengetahuan baru bagi mahasiswa sehingga lebih banyak tahu tentang program-program pemerintah di bidang pertanian khususnya”, Jelas Dekan Faklutas Pertanian dalam sambutannya.
Kedaulatan pangan  merupakan penentu kualitas SDM suatu bangsa, pangan juga penentu ketahanan nasional. Jika suatu bangsa tidak mampu mencapai kemandirian pangan, maka ketahanan nasional akan terganggu. Karena ketahanan pangan merupakan pilar pembangunan sektor lainnya. Upsus pajale, diharapkan mampu mengatasi permasalahan pangan tersebut untuk bisa menjadi Indonesia yang mandiri pangan. (anggunkaniyati).



BERITA TERKAIT :