SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



PEMBEKALAN PROGRAM BELAJAR BEKERJA TERPADU (PBBT)

Minggu, 18 September 2016 - 05:15:25 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Berita & Informasi


YOGYA (INTAN) Sebanyak  16 mahasiswa Institut Pertanian INTAN Yogyakarta Jum’at (16/09/2016) mengikuti pembekalan Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT) Cooperative Academic Education Programe-COOP 2016 di Kampus INTAN.

Pada sambutannya Ir. Irma Laxsiana, M.P. selaku panitia pelaksana PBBT di Kampus INTAN mengatakan, PBBT ini mampu menjadikan mahasiswa mempunyai nilai lebih dan dapat menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) setelah mendapatakan gelar sarjana.

 

“Program Co-op  merupakan program yang mengintegrasikan berbagai latar belakang ilmu yang didapatnya di bangku kuliah dengan pengalaman nyata dunia usaha. Di dunia internasional program seperti ini dikenal dengan nama “work-integrated learning” atau “work based  learning”. Sedikit berbeda dengan program “link and match” yang lebih dulu dicanangkan pemerintah yang lebih berorientasi pada “subject- based” atau “curriculum and practice-based learning”, Co-op lebih mementingkan “work place experience” atau pengalaman dan berkegiatan dalam dunia kerja nyata. Untuk pekerjaan yang dilakukannya, mahasiswa peserta mendapat kompensasi keuangan dari perusahaan atau tempat bekerja. Selama mengikuti kegiatan, mahasiswa peserta program akan dievaluasi oleh pemilik UMKM dan mentor yang ditunjuk oleh perguruan tinggi, setelah selesai akan mendapatkan sertifikat.” jelas Ir. Noordiana H.P.,M.P.

 

Pembekalan yang diselenggarakan juga mengundang beberapa narasumber, Widodo,S.TP.,M.Sc. dalam kesempatan kali ini menyampaikan seluk beluk dari kewirausahaan.  M.Khak,S.TP. yang merupakan alaumni INTAN juga turut hadir dan menyampikan pemanfaatan buah salak untuk sari buah. Hadir pula pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Teresia Rukiyatun menyampikan pemanfaatan limbah pertanian. Elywati juga hadir memberikan pengetahuan seputar pemasaran on-line yang menjadi salah satu pokok pembicaraan yang menarik.

 

Proses pembekalan PBBT berjalan penuh antusias dari para peserta, proses sesi tanya jawab merupakan sesi yang ditunggu oleh para peserta PBBT.

 

Peserta PBBT juga diberikan motivasi diri sebelum keberangkatanya “Kalau bisa sukses dimasa muda, kenapa harus menunggu masa tua.” Tutur Dra.Nike Triwahyuningsih,M.P.

(Sufia Kustimah, Kehutanan 2014)




BERITA TERKAIT :