SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



Manajemen Agribisnis Sebagai Wadah Menumbuh Kembangkan jiwa Entrepreneur Mahasiswa INTAN

Jumat, 31 Maret 2017 - 09:48:20 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Berita & Informasi


INTAN (YOGYA) Institut Pertanian (INTAN)  Yogyakarta kembali menyelenggarakan wisuda, ada yang berbeda dari wisuda-wisuda sebelumnya. Acara wisuda kali diramaikan oleh stand mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen  Agribisnis. Sabtu (25/3/17).

Deretan stand berjejer memamerkan produk pertanian, kehutanan dan hasil teknologi pertanian. Produk-produk yang ditawarkan merupakan hasil dari karya mahasiswa. Mahasiswa dituntut untuk dapat membuat atau mengolah produk sesuai dengan jurusan masing-masing dan memiliki nilai jual.

“Berbisnis itu harus tahan, jatuh bangun lagi, gagal coba lagi, seorang pembisnis itu harus menghargai waktu dan harus konsisten, tanggap, kalau tidak tanggap dan cepat konsumen akan beralih keorang lain,” ucap Fransisca Meyla Aryawati dalam memberikan semangat kepada anak didiknya.

Aneka macam makanan seperti keripik putri malu, jamur crispy, lemet, dadar gulung mawar, telur puluh asin, bolu dan bakso asap cair. Produk-produk pertanian seperti asap cair, bibit cabai, bibit tomat, bibit pisang dari hasil kultur jaringan, tanaman sukulen, produk-produk dari fakultas kehutanan seperti pemanfaatan limbah kayu dijadiakn bingkai, pemanfaatan limbah kemiri menjadi biobriket, miniatur-miniatur dari bambu dan masih banyak lagi produk yang dipamerkan.

Ila Purnamasari mengatakan bahwa mata kuliah Manajemen Agribisnis memang keberadanya sangat perlu. Mahasiswa dapat  belajar bagaimana berbisnis dan produk seperti apa yang layak jual,  dilihat dari produk-produk yang telah dihasilkan oleh mahasiswa, mahasiswa mampu membuat produk yang menarik dan layak jual. Disamping itu dengan dibukanya stand karya mahasiswa menjadikan acara wisuda lebih menarik.

Sambutan baik dari pengunjung memberikan semangat tersendiri  bagi mahasiswa yang sedang mencoba berbisnis. Diharapkan dengan adanya mata kuliah Manajemen Agribisnis dapat memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa INTAN tentang bagaimana berbisnis dan menuntun mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur handal berbasis pertanian. (GM_SufiaKustimah).


BERITA TERKAIT :