SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



HIMASYLVA Bentuk Mental Rimbawan Muda Melalui Pekan Mahasiswa Rimbawan

Senin, 10 April 2017 - 10:19:07 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Berita & Informasi


INTAN (YOGYA) Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan atau yang sering disebut HIMASYLVA mengadakan Pekan Mahasiswa Rimbawan 2017 dengan tema “Regenerasi Rimbawan yang berjiwa pemimpin dan perduli terhadap lingkungan sekitar” di kampus Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta. Dengan rangkaian acara Latihan Dasar Kepemimpinan Rimbawan (LDKR), Persemaian dan Penamaan pohon-pohon yang berada di lingkungan kampus INTAN. Sebanyak 35 mahasiswa yang tergabung dalam HIMASYLVA mengikuti acara LDKR Senin (27/3/17).

Hadirpula BEM Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) Yogyakarta, dalam kesempatan ini memberikan gambaran tentang Sylva Indonesia dan bagaimana cara agar INTAN dapat menjadi bagian dari Sylva Indonesia.

Sylva Indonesia merupakan Ikatan Mahasiswa Kehutanan diseluruh Indonesia yang berdiri sejak 30 Januari 1959 di Yogyakarta atas inisiasi dua senat Mahasiswa Kehutanan Universitas Gadjah Mada (dulu Fakultas Pertanian UGM) dan Mahasiswa Kehutanan Institut Pertanian Bogor (dulu Fakultas Pertanian Universitas Indonesia). Organisasi seperti Sylva Indonesia merupakan organisasi yang besar dan telah memiliki anggota sebanyak 30 pengurus cabang tersebar dari Sabang hingga Merauke.. Tujuan Sylva Indonesia, yaitu mempertegas peran mahasiswa kehutanan sebagai kontrol sosial dan agen pengubah dalam pengambilan kebijakan dan pelaksanaan pengelolaan sumber daya hutan secara lestari

Pemateri yang biasanya hadir sebagai pemateri diacara-acara memberikan motivasi dan kepemimpinan juga hadir, Gatot Sugiharto memberikan materi kepemimpinan serta public speaking, tips-tips bagaimana agar selalu tampil percaya diri ketika berbicara didepan.

Serta Erik Hadi Saputra memberikan materi seputar keorganisasian. Dalam penyampaiannya, Erik mengatakan bahwa pentingnya berorganisasi, dari organisasi akan mendapatkan banyak teman, karna banyak teman itu mempermudah urusan.

Sambutan baik yang diperlihatkan oleh peserta LDKR mampu menjadikan waktu berlalu begitu cepat, narasumber-narasumber yang datang memberikan bayak motivasi dan pengetahuan baru kepada peserta LDKR.

Dengan diadakanya Pekan Mahasiswa Rimbawan, diharapkan mahasiswa kehutanan memilki jiwa kepemimpinan, berorganisasi dan ahli dalam bidang kehutanan.(GM_SufiaKustimah).




BERITA TERKAIT :