SELAMAT DATANG DI WEBSITE INTAN YOGYAKARTA



Penyerahan bantuan kendaraan roda tiga Viar, timbangan duduk digital, karung pengemas pupuk berlabel

Senin, 30 Juli 2018 - 14:35:06 WIBDiposting oleh : Administrator
Kategori : Berita & Informasi


Tahun 2018 ini Staf Pengajar Fakultas Pertanian Institut Pertanian INTAN Yogyakarta yang terdiri dari: Ir. Noordiana Herry Purwanti,M.P. , N. Adi Sutoko, SP.,M.P.  dan Dra. F. Woro Rismiyatun, M.Pd.Si. mendapatkan dana hibah pengabdianProgram Kemitraan Masyarakat dari Ristek Dikti. Pada pengabdiantahap I bantuan berupa1 set peralatan pengolah sampah organik (mesin perajang, pengayak pupuk dan granulator pupuk) berhasil membuat pupuk kompos berbahan dasar daun bambu bentuk granul yang diperkaya diproses dengan bio dekomposer EM4  dan diujikan di pertanaman. Permasalahan pada tahap II bahwa belum ada komposisi hara pupuk yang tertera dalam kemasan dan belum tersediany aalat transportasi yang memadai untuk memasarkan pupuk.

Tujuan dari program ini adalah: 1. Mengolah limbah daun bamboo menjadi pupuk organik diperkaya. 2. Meningkatkan kualitas pupuk organik dengan kemasan yang kuat dan menarik, dilengkapi dengan komposisi hara dan masa kadaluarsa, timbangan yang akurat sehingga dapat meningkatkan harga jual. 3.Memudahkan transportasi dan pemasaran dengan bantuan kendaraan roda tiga dan gerobak sorong.

Metode yang dipakaiuntuk mencapai tujuan adalah penerapan teknologi proses pengolahan limbah daun bamboo menjadi kompos organik dengan bantuan bio dekomposer EM4 dan granulasi pupuk (Tahap I dan II), perbaikan pengemasan, pelabelan dengan komposisi hara dan masa kadaluarsa, bantuan timbangan duduk digital dan mesin jahit karung, alat angkut berupa gerobak sorong dan kendaraan motor roda tiga Viar untuk mempermudah pemasaran produk (Tahap II). Bantuan peralatan diberikan kelompok tani  pada hari Kamis tanggal 26 Juli 2018 dilanjutkan pelatihan penggunaan alat dan penyuluhan tentang pengolahan pupuk daun bambu dan pemanfaatan ke lahan pertanian pada hari berikutnya.

Melalui progarm PKM 2018DIY limbah daun bamboo didesa Margomulyo, Seyegan, Sleman diolah menjadi pupuk organik dengan kemasan kuat, menarik dan tahan lama dilengkapi dengan komposisi hara. Tersedianya alat pendukung dalam pengemasan dan transportasi yang dapat dipakai untuk mendistribusikan produk pupuk dalam jumlah sepuluh sampai lima belas kali lipat dibanding sebelumnya.




BERITA TERKAIT :